Peringati Hari AIDS Sedunia, RSUD Prambanan Melakukan Edukasi Kesehatan di Instalasi Rawat Jalan

Hari AIDS Sedunia diperingati setiap tanggal 1 Desember setiap tahunnya. Momen ini ditetapkan sebagai peningkatan kesadaran global terkait masalah kesehatan HIV/AIDS. Tema Hari AIDS Sedunia 2023 adalah ‘Let Communities Lead’ yang dikutip dari laman resmi World Health Organisation (WHO). Pesan yang ingin disampaikan adalah peran dari komunitas-komunitas dunia untuk kampanye mengenai bahaya dan efek AIDS diyakini dapat menurunkan angka penderita AIDS. Organisasi komunitas yang hidup dengan, berisiko, atau terkena dampak HIV adalah garis depan kemajuan dalam respons HIV. Komunitas juga dapat berfungsi sebagai jembatan kepada masyarakat sehingga diharapkan sebuah pesan tersebut bisa sampai ke tengah masyarakat awam.

Tidak ingin melewatkan momen, RSUD Prambanan juga melaksanakan kegiatan rutin penyuluhan di Instalasi Rawat Jalan. Bekerjasama dengan Ketua Tim Penanggulangan AIDS, dr Andre Ramadani, menyampaikan pengertian AIDS dan juga cara penularannya. Selain itu, peserta penyuluhan juga diajak untuk terlibat dalam kegiatan dengan cara memberikan pertanyaan interaktif. Dari kegiatan tersebut, ia melakukan evaluasi dengan menanyakan kembali apa yang disampaikan, antusisasme peserta dapat dilihat dari berbagai pertanyaan yang dilontarkan. Sebagai apresiasi, Tim PKRS juga memberikan souvenir kepada peserta.

“ Kesadaran masyarakat tentang AIDS masih belum tinggi. Mereka masih mempunyai stigma bahwa penderita AIDS adalah orang dengan perilaku buruk. Padahal belum tentu juga, karena dari data yang di dapat pada tahun 2023 semester 1 dari Dinas Kesehatan sSleman terdapat kasus sebanyak 188  adalah ibu rumah tangga. Maka dari itu, kita haris selalu memberikan edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran mereka terhadap HIV/AIDS”,  tutur Andre Ramadani.

Leave a Comment