Pegawai Mendapat Perhatian, MCU Rutin Diselenggarakan

RSUD Prambanan menyelenggarakan Medical Check Up (MCU) bagi seluruh civitas hospitalia selama 6 hari pada tanggal 20-29 November 2023 dan diikuti oleh 405 orang. Ini merupakan agenda rutin tahunan yang berupa suatu rangkaian pemeriksaan kesehatan untuk melakukan deteksi dini terhadap suatu penyakit guna mencegah pembiayaan kesehatan jangka panjang. MCU juga dapat meningkatkan loyalitas pegawai yang berpengaruh langsung pada peningkatan kinerja pegawai.

Kepala Bidang Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUD Prambanan, Ratih Susila menyampaikan bahwa partisipasi karyawan pada MCU ini bagus sekali. “Pegawai yang tidak mengikuti MCU hanyalah yang sedang menjalani cuti melahirkan, dan akan segera mengikuti MCU saat mereka masuk kembali nanti. Untuk hasil MCU ini secara keseluruhan sudah dibuat resume oleh dokter umum. Ada rekomendasi yang diberikan untuk tindak lanjut dari hasil pemeriksaan kesehatan ini,” katanya di RSUD Prambanan (22/11).

Tujuan diselenggarakannya MCU ini untuk memeriksa kesehatan karyawan secara menyeluruh sehingga diharapkan suatu penyakit atau gangguan kesehatan dapat terdeteksi dengan dini. Selain itu melalui tes ini sekaligus berguna juga untuk merencanakan metode penanganan dan pengobatan yang tepat sebelum penyakit berkembang.

Terdapat beberapa tahapan pemeriksaan yang harus dijalankan oleh karyawan meliputi: pemeriksaan fisik umum, pemeriksaan laboratorium, rongent, dan tes kebugaran. Sebelum menjalani kegiatan MCU, terlebih dahulu karyawan diwajibkan untuk berpuasa selama kurang lebih 10 jam. Hasil pemeriksaan ini nantinya akan menjadi tindak lanjut, edukasi kesehatan, observasi dan perawatan jika dirasa perlu.

Leave a Comment