Khitan Massal Digelar, Wujud Pengabdian RSUD Prambanan

Rangkaian acara dilaksanakan untuk menyambut hari jadi RSUD Prambanan  ke 14 tahun. Sejumlah kegiatan telah dilakukan sejak bulan November 2023, yang diawali dengan donor darah untuk umum. Kegiatan ini berfokus pada pengabdian masyarakat dan juga untuk mengenalkan keberadaan RSUD Prambanan terhadap masyarakat. Hal ini juga sebagai upaya mencapai visi RSUD Prambanan yaitu Menjadi Tumah Sakit Pilihan Pertama dan Utama Masyarakat dalam Mendpatakan Pelayanan Kesehatan.

Kembali menggandeng Baznas Sleman, RSUD Prambanan mengadakan kegiatan khitan massal. Kegiatan ini merupakan kali kedua yang dilakukan di RSUD Prambanan. Diikuti oleh 26 peserta, Kegiatan ini diawaali dengan pendataan awal pada seminggu sebelumnya. Kriteria peserta adalah siswa kelas 5 dan atau 6 sekolah dasar dari SDN terpilih disekitar RSUD Prambanan. Semua proses registrasi hingga pelaksanaan tindakan dilakukan terpusat di Gedung Instalasi Rawat jalan RSUD Prambanan. Ketua tim khitanan menyampaikan bahwa, proses dilakukan oleh tenaga ahli yang kompeten dan berpengalaman. Acara dibuka langsung oleh direktur RSUD prambanan, dr Wisnu Murti Yani, M.Sc. Ia menyampaikan bahwa selain mendapatkan bingkisan khitan dan uang saku, nantinya peserta khitan dan siswa lain  yang telah didata akan mendapatkan paket pendidikan pada puncak acara HUT di minggu ke empat Januari. Ia juga berharap, agar acara social semacam ini dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya.

“ Ini merupakan sebuah peningkatan dari kepesertaan, diawal pelaksaan tahun 2022, kami hanya mampu menjaring 15 peserta, namun sekarang sudah ada 26 peserta. Ada 3 peserta yang tidak jadi hadir karena kondisi takut dan tidak enak badan. Kami memaklumi, karena kita tidak bisa memprediksi kondisi mental anak naka” tutur dr Rizal, ketua penyelenggara.

 

 

 

Leave a Comment