A-SIYAP hadir, mewujudkan pelayanan publik berkinerja tinggi

RSUD prambanan merupakan Rumah Sakit Pendidikan Satelit dari RSUP Dr Sardjito yang ditetapkan oleh Kemenkes. Dengan demikian, saat ini RSUD Prambanan telah menjadi wahana belajar peserta didik. Selain FKKMK UGM, RSUD Prambanan juga bekerja sama dengan sejumlah Institusi Pendidikan Kesehatan di DIY-Jateng. Kegiatan ini meliputi penerimaan siswa, proses belajar mengajar dan evaluasi kegiatan dari proses pembelajaran tersebut.
Sebagai Rumah Sakit yang konsisten menjadi wahana pembelajaran peserta didik, RSUD Prambanan melalukan inovasi sistem pendidikan. Melalui gagasan dari Kepala Bidang Pengembangan Mutu dan Data Informasi, Isti Handayaningsih, tercipatalah aplikasi A-SIYAP, Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Pendidikan. A-SIYAP merupakan aplikasi berbasis web yang dapat diakses melalui website RSUD Prambanan. A-SIYAP merupakan suatu sistem terpadu dalam rangka mewadahi seluruh alur penyelenggaraan pelayanan pendidikan di RSUD Prambanan sebagai rumah sakit pendidikan satelit. Melalui A-SIYAP seluruh proses dapat diampu secara terpadu oleh 25 institusi jejaring pendidikan yang memiliki kerjasama dengan RSUD Prambanan. Inovasi ini digunakan sebagai media untuk mempermudah pengiriman peserta didik mulai dari pemetaan kuota penerimaan peserta secara online, pengajuan permohonan lokasi belajar, alokasi distribusi peserta didik, kelengkapan syarat menjadi peserta didik, proses pengolahan nilai hingga pelaporan dan evaluasi kegiatan. Semua terpadu dalam satu sistem sehingga pelayanan lebih efisien, efektif, dan akuntabel.
Inovasi ini telah diluncurkan dalam beberapa waktu lalu dengan kolaborasi pengembangan teknologi oleh IT RSUD Prambanan bersama CV Soltindo. Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi institusi pendidikan yang akan mengirim peserta didiknya ke RSUD Prambanan. Aplikasi ini diluncurkan secara resmi pada tanggal 25 September 2023 oleh Direktur RSUD Prambanan. “Alhamdulillah, dengan dukungan civitas Hospitalia RSUD Prambanan, A-SIYAP telah diluncurkan dan siap digunakan. Harapannya, aplikasi ini dapat memudahkan institusi pendidikan maupun timkordik RSUD Prambanan, dan kami akan terus melakukan pengembangan pada sistem ini.” tegas Isti Handayaningsih.

Leave a Comment