RSUD Prambanan

~ SELAMAT DATANG DI RSUD PRAMBANAN ~
Mulai Juni 2018, RSUD Prambanan dapat melayani Hemodialisa dengan BPJS Kesehatan |
Poli Baru!! Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, RSUD Prambanan menambah klinik Spesialis THT, Ortopedhi, Psikologi

Lombok berduka. Salah satu pulau terindah yang menjadi tujuan wisata banyak wisatawan dari seluruh dunia diguncang gempa. Gempa pertama mengguncang Lombok pada tanggal 29 Juli 2018 dengan kukuatan 6,4 SR lalu sepekan berselang Lombok kembali diguncang gempa pada tanggal 5 Agustus 2018 dengan kekuatan 7,0 SR.

Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB terus berupaya melakukan evakuasi banyak warga yang kala itu masih terjebak dibawah reruntuhan bangunan. Mencekam keadaan kala itu, ditambah BMKG mengeluarkan peringatan dini terjadinya tsunami (yang akhirnya dicabut 2 jam kemudian). Evakuasi pun dilanjutkan untuk menyelamatkan penduduk dan turis yang terjebak di 3 Gili yang ada disekitar Pulau Lombok. Hingga saat ini tercatat 515 orang korban meninggal dunia dan 7.145 orang luka-luka. Jumlah ini belum ditambah dengan total jumlah kerugian dan rusaknya berbagai bangunan, dari pemukiman, perkantoran, hingga fasilitas umum lainnya.

Lombok pun memanggil. Lombok tidak sendirian, ada banyak saudara-saudara diseluruh tanah air yang mencurahkan seluruh tenaganya untuk mengulurkan bantuan sebanyak yang mereka mampu, termasuk RSUD Prambanan. Setelah sebelumnya menggalang donasi untuk Lombok yang diikuti oleh seluruh keluarga besar RSUD Prambanan, kali ini RSUD Prambanan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sleman, membentuk Tim Medis Peduli Lombok yang diketuai oleh dr. Nurul Emma Nurdina dengan anggota dr. Hikmah Nur Agustina, Rian Sigit Prasetyo, A.Md.Kep, Andre Setya Nugraha, A.Md.Kep, dan Rukiana Hutagalung, M.Psi, Psikolog. Tim Medis Peduli Lombok kemudian dilepas untuk diberangkatkan ke Lombok pada tanggal 18 Agustus 2018. Didampingi direktur RSUD Prambanan, drg. Isa Dharmawidjaja, M.Kes, tim medis yang terdiri dari dua dokter umum, dua perawat, dan satu psikolog itu juga membawa serta perbekalan sumbangsih berupa obat-obatan untuk dapat digunakan selama pelayanan di Lombok.

Tim kesehatan dari RSUD Prambanan dibawah naungan Pemerintah Kabupaten Sleman ini membuka posko di Desa Kekait, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat, NTB. Selama seminggu (18 Agustus 2018-24 Agustus 2018) tim kesehatan tersebut akan mengemban misi kemanusiaan untuk memberikan pelayanan kesehatan di posko yang telah ditunjuk.

Kedatangan tim medis RSUD Prambanan disambut hangat oleh BPBD Provinsi NTB termasuk didalamnya juga terdapat koordinator BPBD DIY yang mempunyai posko di Mataram. Usai melaporkan kedatangan dan menerima briefing dari BPBD terkait medan yang akan kami masuki, tim medis bergerak melaporkan kedatangan ke Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Diterima baik oleh dr. Amri dan rekan-rekan, tim medis kembali diberi arahan termasuk diberikan acuan pelaporan kegiatan pelayanan. Hal ini guna membantu dinas kesehatan untuk memetakan permasalahan kesehatan yang terjadi paska gempa Lombok.

Setibanya di Posko Desa Kekait, tim medis kami diterima oleh Kepala Desa, Desa Kekait dan juga oleh beberapa relawan desa tersebut. Bantuan obat-obatan yang dibawa pun diserah terimakan kepada mereka untuk dapat dipergunakan sebaik mungkin.

Sejak tiba di posko Desa Kekait pada tanggal 18 Agustus 2018 pukul 20.00 WITA, tim medis RSUD Prambanan segera melakukan pelayanan kesehatan saat itu juga. Keesokan harinya kegiatan pelayanan kesehatan terus berlangsung dengan membuka 2 poli umum sekaligus, menerima tindakan darurat sederhana, merujuk pasien yang masuk kategori gawat ke pusat kesehatan terdekat, termasuk didalamnya kegiatan trauma healing untuk warga disekitar posko tersebut yang dikoordinatori oleh Rukiana Hutagalung, M.Psi., Psikolog dibantu dengan relawan-relawan psikolog yang ada diposko tersebut.

Sempat merasakan diguncang gempa 7,0 SR yang kembali menghampiri Lombok pada tanggal 19 Agustus 2018 pukul 22.56 WITA, tidak menyurutkan tim medis RSUD Prambanan untuk terus bergerak memberikan pelayanan terbaiknya guna membantu sesama.

Kegiatan pelayanan dari tim medis RSUD Prambanan berakhir pada tanggal 24 Agustus 2018 pagi. Setelah membereskan perbekalan dan dokumen, didampingi direktur RSUD Prambanan, kami berpamitan kepada warga posko, perwakilan dari Puskesmas Gunung Sari, dan terakhir Dinas Kesehatan Provinsi NTB.

Misi ini telah usai, semoga segala usaha yang keluarga besar RSUD Prambanan kerahkan untuk meringankan beban warga Lombok dapat bermanfaat nantinya. Semoga Lombok segera bangkit dari dukanya dan Pulau Seribu Masjid ini dapat tersenyum kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arsip

© 2018 RSUD Prambanan Sleman
Jl. Prambanan-Piyungan Km.7 Delegan, Sumberharjo, Prambanan, Sleman YK
Telepon:
- 0274-4398356 (Informasi)
- 0274-4398357 (IGD)
- 0898 599 5100 (Whatsapp)
. Fax: 0274 4398570
Email: rsud.prambanan@slemankab.go.id