RSUD Prambanan

~ SELAMAT DATANG DI RSUD PRAMBANAN ~

Dalam rangka meningkatkan intensifikasi pelayanan dan promosi program Keluarga Berencana (KB) dilakukan penguatan SDM dan kelembagaan yang menangani KB, maka dibentuk Tim Pelayanan Keluarga Berencana Rumah Sakit (PKBRS) RSUD Prambanan yang bertugas melakukan pelayanan & koordinasi tentang KB. Pelayanan Klinik KB Rumah Sakit Umum Daerah Prambanan mengacu pada Peraturan Bupati Sleman No 2 Tahun 2018 tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum Daerah RSUD Prambanan Kabupaten Sleman.

KB Pasca Persalinan dan Pasca Keguguran atau disingkat KB PP dan PK merupakan program dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) guna mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang berkualitas.

KB Pasca Persalinan merupakan upaya pencegahan kehamilan dengan menggunakan alat dan obat kontrasepsi segera setelah melahirkan sampai dengan 42 hari atau 6 minggu setelah melahirkan, sedangkan KB Pasca Keguguran merupakan upaya pencegahan kehamilan dengan menggunakan alat dan obat kontrasepsi setelah mengalami keguguran sampai dengan kurun waktu 14 hari. (BKKBN)

KB PP dan PK bertujuan untuk menurunkan angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi dengan menekan risiko 4 Terlalu (Terlalu muda melahirkan dibawah usia 21 tahun, Terlalu tua melahirkan diatas 35 tahun, Terlalu dekat jarak kelahiran kurang dari 3 tahun dan Terlalu banyak jumlah anak lebih dari 2). Persentase ibu meninggal yang melahirkan berusia dibawah 20 tahun dan diatas 35 tahun adalah 33% dari seluruh kematian ibu, sehingga apabila program KB dapat dilaksanakan dengan baik lagi, kemungkinan 33% kematian ibu dapat dicegah melalui pemakaian kontrasepsi. (BKKBN)

Rumah Sakit Umum Daerah Prambanan yang merupakan Rumah Sakit PONEK telah melayani KB PP dan PK. Pencapaian penggunaan alat kontrasepsi pasca persalinan di RSUD Prambanan tahun 2017 adalah 19,6%, dan 2,06% pada pasien pasca keguguran. Upaya untuk meningkatkan akseptor KB PP dan PK di RSUD Prambanan adalah promosi dari TIM PKRS RSUD Prambanan dengan media elektronik radio, internet, penyuluhan, dan pelayanan konseling oleh petugas yang terlatih dengan ruangan terpisah dan nyaman serta tersedia fasilitas alat peraga. Guna membantu calon akseptor KB memahami tentang pentingnya penggunaan alat kontrasepsi dan memilih alat kontrasepsi yang tepat pada Pasca Persalinan yang dilakukan sejak pemeriksaan kehamilan dan Pasien Pasca Keguguran.

Jenis pelayanan KB yang dilayani di RSUD Prambanan meliputi : IUD, MOW, MOP, Implant, Suntik, Pil, dan kondom. Alat kontrasepsi yang banyak diminati pada pasien PP dan PK di RSUD Prambanan adalah MOW/steril pada wanita dan IUD yang dilaksanakan langsung setelah pasien bersalin / post plasenta baik persalinan normal maupun sesar, dan pada pasien post curetase pada pasien keguguran. Pelayanan MOW interval juga telah dilaksanakan di RSUD Prambanan yang bekerja sama dengan faskes tingkat I.

Dengan mengacu pada ketentuan JKN dan Jamkesda Klinik KB RSUD Prambanan melakukan kerjasama dengan BPJS dan melayani seluruh lapisan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan KB tanpa iur biaya dengan ketentuan telah dilakukan verifikasi oleh petugas BPJS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arsip

© 2018 RSUD Prambanan Sleman
Jl. Prambanan-Piyungan Km.7 Delegan, Sumberharjo, Prambanan, Sleman YK
Telepon:
- 0274-4398356 (Informasi)
Email: rsud.prambanan@slemankab.go.id