RSUD Prambanan

~ SELAMAT DATANG DI RSUD PRAMBANAN ~
RSUD Prambanan

RSUD Prambanan

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM RS) adalah sistem komputerisasi berupa program aplikasi atau software komputer yang membantu manajemen rumah sakit dalam memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses bisnis layanan kesehatan dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara cepat, tepat dan akurat.
Pengertian SIMRS tidak hanya terbatas pada pencatatan tagihan (billing system) dan rekam medis, tetapi juga akan menggambarkan tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit yang mengintegrasikan seluruh kegiatan rumah sakit dalam rangka peningkatan kinerja dan pelayanan. Dalam era globalisasi sekarang ini, rumah sakit dituntut untuk menigkatkan kinerja dan daya saing sebagai badan usaha dengan tidak mengurangi misi sosial yang dibawanya. Rumah sakit harus mampu merumuskan kebijakan-kebijakan strategis antara lain efisiensi dari dalam (organisasi, manajemen, serta SDM) serta harus mampu secara cepat dan tepat mengambil keputusan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat agar dapat menjadi organisasi yang responsif, inovatif, efektif, efisien dan menguntungkan.
Upaya pengembangan SIMRS terintegrasi merupakan suatu paket sistem aplikasi yang terintegrasi yang dihubungkan secara on-line pada semua fungsi pelayanan rumah sakit mulai dari transaksi manajemen antrian, pendaftaran, pelayanan perawatan, pelayanan penunjang, manajemen operasi/bedah sentral, rekam medis, manajemen keperawatan, kasir/mobilisasi dana, pelayanan piutang, manajemen material, stok barang/obat, akuntansi dan keuangan, kepegawaian, gizi, linen/laundry dan fungsi pelayanan rumah sakit lainnya. Dengan SIMRS ini diharapkan akan dihasilkan output pelayanan yang prima dan cepat, informasi yang akurat bagi eksekutif, kontrol yang baik, pengelolaan yang berkesinambungan dengan mengeliminasi kebocoran dan kerugian yang dihasilkan dari proses manual.
Dalam pengembangannya, SIMRS terintegrasi menggunakan platform teknologi berupa aplikasi Morbis yang merupakan model three tier distribution application dimana model ini membagi application logic menjadi beberapa komponen tergantung fungsinya dan terpasang dalam beberapa mesin yang berbeda tergantung pada tier dimana komponen tersebut diperlukan.
Secara umum SIMRS meliputi beberapa modul yang terdiri dari:
1. Registrasi pasien
2. Sistem antrian
3. Manajemen rawat jalan
4. Manajemen unit penunjang
5. Manajemen rawat inap
6. Farmasi dan inventory logistik rumah sakit
7. Billing system dan akuntansi
8. Manajemen sumber daya rumah sakit
9. Sistem pelaporan medical error
10. Manajemen rekam medis
11. Sistem informasi eksekutif.
Untuk saat ini, SIMRS yang dipakai di RSUD Prambanan adalah SIMRS yang dirancang, dikembangkan dan dikelola oleh pihak KOMINFO Kabupaten Sleman dimana untuk sistem kontrol dan pengembangannya masih tergantung dari teknisi SIMRS yang disediakan oleh pihak KOMINFO Kabupaten Sleman. Kondisi yang ada pada saat ini SIMRS yang ada di RSUD Prambanan masih dalam tahap pengembangan dan penyempurnaan sistem, sehingga informasi yang dihasilkan belum bisa memenuhi standar kebutuhan semua informasi yang semestinya, masih berupa fungsi-fungsi pemasukan data indentitas pasien, tindakan, diagnosa, resep obat dan pelaporan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arsip

© 2018 RSUD Prambanan Sleman
Jl. Prambanan-Piyungan Km.7 Delegan, Sumberharjo, Prambanan, Sleman YK
Telepon:
- 0274-4398356 (Informasi)
Email: rsud.prambanan@slemankab.go.id