RSUD Prambanan

~ SELAMAT DATANG DI RSUD PRAMBANAN ~

Sabtu (12/08) Tim Hospital Distater Plan (HDP)/ Tim Penanganan Bencana RSUD Prambanan mengadakan simulasi penanganan bencana. Adapun simulasi penangan bencana ini dilakukan satu tahun sekali. Untuk tahun ini simulasi penangan bencana yang dilakukan adalah simulasi penanganan bencana eksternal dengan simulasi penangan kecelakaan masal.

Kegiatan Simulasi tahun ini RSUD Prambanan berkerjasama dengan kepolisian sektor prambanan dan kawasan wisata Tebing Breksi. Kegiatan ini di ikuti oleh kurang lebih 80 orang yang terlibat didalam nya, yang terdiri dari 75 karyawan RSUD Prambanan yang berperan sebagai korban, tenaga medis, driver dan lain sebagainya dan dibantu 5 pesonil kepolisian dari sektor prambanan. Untuk seting lokasi simulasi penanganan bencana yaitu di kawasan tebing breksi kemudian dilanjutkan di RSUD Prambanan.

Adapun gambaran singkat tentang skenario simulasi penangan bencana yaitu, terjadinya tabrakan/ kecelakaan antara bus pariwisata dengan mobil pribadi dan ada salah satu warga yang mengetahui kejadian tersebut berusaha meminta bantuan dengan menelfon polsek prambanan dan RSUD Prambanan. Selanjutnya dilakukan evakuasi oleh kepolisian dan tenaga medis RSUD Prambanan, dan didapatkan 23 korban dengan 4 korban triage merah dengan luka berat, 4 korban triage kuning dengan luka sedang, 14 korban triage hijau dengan luka ringan dan 1 triage hitam meninggal dunia. Kemudian setelah dilakukan penangan pada korban ada beberapa korban yang perlu mendapatkan tindakan lebih lanjut maka di perlukan perawatan lebih lanjut di RSUD Prambanan. Simulasi diakiri dengan diadakannya valuasi Tim Penanganan Bencana dan di adakan jumpa pers tentang terjadinya kecelakaan masal tersebut.

Pelaksanaan simulasi tersebut dapat berjalan dengan lancar, seluruh peserta yang terlibat antusias untuk mengikutinya dan dari hasil simulasi tersebut diharapkan RSUD Prambanan dapat lebih siap dalam penanganan bencana, apa bila suwaktu-watu terjadi bencana internal maupun eksternal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arsip

© 2015 RSUD Prambanan Sleman
Jl. Prambanan-Piyungan Km.7 Delegan Sumberharjo Prambanan
Telepon:
- 0274-4398356 (Informasi)
- 0274-4398357 (IGD/ Khusus Emergency) . Fax: 0274 4398570
Email: rsud.prambanan@slemankab.go.id